Malang yang terkenal dengan produksi buah apelnya, sudah lama menjadi sorotan wisatawan untuk dijadikan salah satu tempat berlibur yang menyenangkan. Jika menurut Anda beberapa obyek wisata favorit di Malang yang biasa menjadi incaran wisatawan sudah terlalu mainstream, saatnya napak tilas di Kota Malang juga tidak ada salahnya. Seperti datang ke tempat bersejarah di Kota Malang yang lokasinya cukup strategis dengan lokasi hotel ternama seperti Hotel Tugu Malang.

Baca Juga: Bekerja Sekaligus Berwisata di Kota Bandung

Apabila Anda berminat untuk bermalam di Hotel Tugu Malang, silahkan pesan hotel ini di Republikwisata.com. Hotel Tugu Malang yang terletak di Jalan Tugu No. 3, Kota Malang ini merupakan salah satu hotel berbintang lima yang ada di Malang. Hotel ini juga sering dijadikan salah satu penginapan andalan bagi para pejabat negara. Hal ini dikarenakan konsep yang diusung Hotel Tugu Malang cukup unik.

Apa sih yang membuat hotel ini terbilang unik? Desain interior yang diadop oleh Hotel Tugu Malang terkesan seperti sebuah museum berkelas dibandingkan dengan hotel lain yang pada umumnya mengendepankan konsep bertaraf internasional, modern, ataupun minimalis. Didalamnya, hotel ini memiliki beragam barang antik didukung oleh suasana tradisional etnik Jawa yang cukup kental.

Mulai dari harga sekitar 1,2 juta rupiah per malamnya, Anda sudah bisa merasakan sensasi berada dalam kamar dengan tersedianya fasilitas penunjang yang terbilang mewah dari pihak hotel. Keunikan hotel ini juga tidak hanya ada di Malang. Terbukti dengan adanya anak cabang dari Hotel Tugu di kota tujuan wisata lainnya seperti Blitar, Bali, serta Lombok.

Untuk melengkapi esensi era zaman kerajaan sejarah lainnya selain di hotel yang Anda tempati, Anda bisa mengunjungi obyek wisata sejarah yang lokasinya cukup terjangkau dari Hotel Tugu Malang. Adapun obyek wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi mulai dari yang terdekat hingga terjauh diantaranya Candi Badut, Candi Singosari, Candi Kidal, Candi Sumberawan serta Candi Jago. Berikut ulasannya.

Candi Badut

Baca Juga: TIPS & TRIK MEMILIH TEMPAT WISATA SAAT PANDEMI

Terletak 4,4 kilometer dari Hotel Tugu Malang, Candi Badut merupakan candi tertua di Jawa Timur yang diperkirakan berumur 1400 tahun. Dengan ditemukannya arca Agastya, Durga, dan Lingga Yoni di kompleks candi, diduga Candi Badut merupakan candi agama Hindu. Candi ini tersusun dari batuan andesit yang dibagi menjadi 3 struktur bangunan, yaitu kaki, badan, dan puncak. Kata Badut berasal dari bahasa sansekerta yang berarti Bintang Canopus/Sorot Agastya.

Candi Singosari

Terletak 10,5 kilometer dari Hotel Tugu Malang, Candi Singosari merupakan peninggalan kerajaan Hindu-Budha yang ditemukan pada abad ke-18. Candi ini juga tersusun dari batuan andesit dengan struktur bangunan meliputi kaki, tubuh, atas, serta teras candi. Uniknya, candi ini terlihat seperti memiliki dua tingkat bangunan. Selain itu, dinding Candi Singosari juga dipenuhi oleh relief, arca, serta ukiran ornamen yang kharismatik.

Candi Kidal

Terletak 11,2 kilometer dari Hotel Tugu Malang, Candi Kidal merupakan salah satu peninggalan kerajaan Singosari. Candi ini dikelilingi oleh pepohonan rindang, sehingga suasana asri khas pedesaan cukup begitu terasa. Keunikan yang dimiliki candi ini selain terbuat dari batuan andesit dan dimensi geometris vertikal, adanya pahatan kepala kala dianggap sebagai penjaga candi. Hiasan medallion pada kaki candi juga membuat candi ini semakin terlihat menarik.

Candi Sumberawan

Terletak 13,6 kilometer dari Hotel Tugu Malang, Candi Sumberawan juga termasuk salah satu peninggalan kerajaan Singosari dan letaknya berada tak jauh dari Candi Singosari. Selain mudah ditemui sumber air yang jernih pada kompleks candi, Candi Sumberawan juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang sehingga udara terasa semakin sejuk dan membuat Anda betah berlama-lama berada disini. Candi ini satu-satunya di Jawa Timur yang berbentuk stupa Budha.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Tempat Wisata yang Aman Selama Pandemi

Candi Jago

Masih seputar peninggalan kerajaan Singosari, Candi Jago yang terletak 14,8 km dari Hotel Tugu Malang juga memiliki pesona magis yang tak terelakkan. Candi Jago berasal dari kata jajaghu yang berarti keangungan. Candi yang berdiri sejak abad ke-13 ini merupakan candi agama Budha. Dari mulai kaki hingga dinding bangunan candi dipenuhi relief yang terpahat indah. Pada bagian atas candi terdapat sebuah rongga yang biasanya dijadikan spot foto bagi wisatawan.

Kunjungi Link Artikel Terkait:

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-kepulauan-tanimbar/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-pulau-seram/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-ambon/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-tual/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-maluku-utara/